Balada Krtinggalan Bus

balada ketinggalan bus

jumat 4 november 2011
sudah 2 bulan aku gak pulang kampung ke pacitan. dan hari itu, tepatnya tanggal 4 november 2011, aku memutuskan untuk pulang kampung, sengaja aku pulang kampung tanggal ini, soalnya bertepatan sama momen idul adha.
paginya, mulai jam set.6 aku ada ujian makul PK, oke ujian ini lancar banget. habis itu masih ada kuliah sociolinguistics, oke ini lancar juga. dan tarraaaaaa... habis itu aku masih menghadapi yang namanya ujian psycholinguistics. dan yaaa, ujian ini lancar juga.
dan hap hap hap, akirnya aku berangkat dari jember bareng Dwi temenku sekitar jam 11 siang, perjalanan ke tawangalun seperti biasa, macet lah gara-gara hari jumat, disamping jarak kampus ke tawangalun emang jauh, kita cuma naik angkot, itu pula yang bikin lama. dan yak, aku naik bus bareng dwi dan satu adik angkatanku yg mau pulkam ke ngawi.
kita naik bus sekitar jam 12 siang, yaa kalo diitung perjalanan normal, masi bisa lah nyampe surabaya jam 5 dan naik aneka jaya, secara aneka jaya jam sore berangkat dari surabaya jam 17.53, dan biasanya emang tepat waktu. Jadi aku tenang, tanpa mikir kalo ini weekend dan bertepatan momen idul adha.
Oemjii, kita salah naik bus, bus nya Cuma sampe Probolinggo *plis deh tiwi, uda semester 5 kok ya masih bisa ketipu sama bus?? Helllooo* yasudahlah, wong tadi dapet murah. Akirnya kita oper bus di terminal bayuangga, dan kita memutuskan naik patas dari situ, tanpa piker panjang, hap hap hap kita naik ke bus. Uda dapet posisi wenak, sambil ngobrol sana-sini sama dwi, kita disuguhi lagu-lagu evie tamala feat om.pallapa, mantab dah sampe aku gak sadar kalo busnya gak berangkat2. Tau gak? Bus nya take off *ini bus tiw, bukan pesawat* jam 3 sore. Asli, h2c gue jek! Harap-harap cemas, bisa nyampe Surabaya sebelum jam setengah enam gak yaa??
Dan bus mulai berjalan, aku takut liat jam, sumpah. Wussh wuussh.... lumayan cepet sih, tapi ada trouble pas nyampe Japanan, maceettt... khawatir? Jelas, tapi dibawa calm saja. Dan yang super khawatir justru Dwi, bukan aku. Pacarnya yang nunggu dia di terminal dia jadiin informan, liatin aneka jaya. Bus yg aku tumpangin baru masuk tol, dan menurut berita dari sang informan yg diutus dwi, bus yang namanya aneka jaya, bus satu-satunya yang berangkat ke pacitan pada jam itu sudah penuh. Jleng! Aku baru ngeh, kalo ini weekend dan pas momen idul adha. Jadi kesimpulannya, itu bus pasti penuh sama orang-orang pacitan yang mau balik kampung. Dan info selanjutnya dateng, ini yang bikin aku shock. Busnya uda berangkat, jediarr! Speechless jek, tapi tetep calm down. Masih ada bus selanjutnya, tapi... masih jam 22.40 ntar. Ah dan akhirnya kurelakan aneka jaya petang pergi meninggalkanku... huhuu
Kita sampe di terminal Purabaya atau lebih keren disebut Bungurasih sekitar jam setengah enam petang. Aku masih linglung gara-gara ditinggal si bus. Aku lari ke arah tempat bus biasa mangkal, gak ada. Ke jalur 3, gak ada juga. Dan ya, emang bener, si bus uda berangkat. Huaaaaa ibuukk...
Aku pun akirnya duduk di kursi tunggu ditemenin Dwi dan pacarnya. Ceritanya nenangin diri sambil cari jalan keluar gitu. Dwi ikut bingung, padahal aslinya ini bukan masalah besar, tapi dasar aku yg heboh, jadi kelihatan gede aja nih masalah.
Oke, aku mulai cari jalan keluar. Pertama aku nelpon ibuk. Kata Bapak, aku disuruh naik bus Ponorogo an trus dijemput disana. Ini bukan ide bagus, kasian bapak, jauh lho, malem lagi. Ibu ngasih saran nginep aja di tempat temen yang di situ. Gak mau juga ah, ngrepotin aja. Endingnya ibu bilang, kalo mau nunggu bus yang selanjutnya, aku kudu ada temenya. Nah lho, siapa coba?
Kedua aku ngubungin Bulek Yani. Bulek ngasih saran, naik travel aja ya? Aku dikirimin sederet no telepon travel ke pacitan. Tapii... sama aja kalo naik travel, take off dari Surabaya nya juga sekitar jam 11 an, belum lagi kira-kira uda gak ada tempat kosong kalo pesenya jam segini. Oemjii.... yasudah aku putusin nunggu aneka jaya yang selanjutnya aja, jam 22.00. it means, aku harus nunggu sekitar 4 jam disini.


suasana genting masi sempat foto2? ya itu saya... haha



Dwi sama pacarnya masi disampingku, nemenin. Duh, jadi gak enak sama mereka, gara-gara aku, mereka merelakan acara kencan mereka batal, demi nemenin aku *ndog, nal, thanks thanks so much yaa atas bantuanya... big thanks pokoknya* dan ya, aku punya rencana lain, gak mungkin kan kalo dwi dan pacarnya nungguin aku sampe jam 10an, akirnya aku sms salah satu teman di Surabaya. Yaaa harap2 dia mau nyamperin aku gitu di terminal terus nemenin sampe aku dapet bus nanti. Sumpah, logikaku gak jalan rasanya. Tau endingnya?? Dia gak bisa nemenin, entah gak bisa ato gak mau, pokoknya misi *geje* ku gagal. Ini yang paling gila, moodku berubah buruk dalam hitungan detik, aku diem, speechless, kaya orang linglung. Gara-gara sms balesan dari seorang temen itu aku jadi kaya gini? Kaya mati rasa, tapi aku masih bisa ngerasain sakit. Sampe-sampe aku kalut, Dwi dan pacarnya jadi tambah bingung ngeliat aku kaya orang bego kehilangan hati gitu *so sorry for making trouble yaa ndog* aku masih gak ngerti kenapa aku bisa kaya gini ya? Belum sadar.
Dan akirnya Dwi sama pacarnya pun pulang, aku relakan mereka, pokoknya makasi banget atas waktunya, dan maaf banget uda merepotkan mereka. Mereka pergi, aku masih duduk diem gak jelas. Antara bego, sakit, dan malu. Kenapa sih?? Dan ini aib, aku pergi ke toilet, nangis disana. Hahahha sumpah ini malu-maluin banget, ngapain coba? Aku pengen shalat, curhat ke Allah, tapi lagi gak bisa. Duh sumpah! nyesek banget. Ini nyata atau nggak sih? Kok kaya sinetron begini ya? Eh atau ini drama? Atau film? Entahlah, tapi setelah ngluarin air mata, otak normalku jadi jalan lagi. Jadi pengen ketawa sendiri, kenapa aku bisa dramatis melankolis hiperbola gitu ya? Sumpah bego banget. Malu aku pake acara sms temen itu segala.


Dan aku keliling jalan-jalan sambil nunggu bus datang. Jam 9 aku jalan ke parkiran, tempat bus aneka jaya tercinta biasa mangkal. Banyak banget yang nunggu disitu, jangan-jangan mereka mau naik aneka jaya juga. Mana cukup?? Akirnya aku Tanya-tanya ke beberapa orang disitu, ternyata gak banyak yang mau ke pacitan. Aku setia nunggu disitu. Duduk, berdiri, ngesot, ndlosor, nongkrong, segala macam pose deh. Dan makin malam makin rame tuh terminal. Uda kaya mau lebaran syawal aja lho, rame banget, sampe2 tempat parker bus isinya manusia. Mereka udah gak sabar nunggu bus di jalur lagi, takut gak kebagian tempat, sampe-sampe petugas kewalahan ngatur calon penumpang itu.


Dan taraaaaaa... jam 10 malem, bus yang aku tunggu-tunggu, aneka jaya, dateng. Tapi... what??? Kok di dalem uda banyak penumpangnya gitu?? Wes gak tau lagi deh nasibku gimana kalo gak dapet tempat duduk. Bus berhenti, pintu dibuka, penumpang nyerbu keroyokan, aku gak mau kalah, hap hap yak! Aku bisa masuk. Penuh. Gak ada tempat duduk tersisa, yg keliatan kosng ternyata uda dipesen. Sampe akirnya aku dipanggil sama bapak-bapak paruh baya disuruh duduk di kursinya, bapak itu pindah duduk sama temenya di depan. Alhamdulillah, masih ada orang baik ke aku *meski aku habis jahat ke orang* finally, aku bisa duduk, dan perjalanan ke kampung halaman pun berlanjut. Alhamdulillahirabbila’alamin

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

happy reading

Total Pageviews

Followers

About Me

Foto Saya
dianpra
Writing for Pleasure
Lihat profil lengkapku

thanks for visiting