KEJUTAN

Udah sekitar lima menit pantatku nempel di jok depan Toyota Yaris kebanggaan Ayah buat nunggu salah satu makhluk berusia 13 tahun penghuni istana kebanggaan keluarga kami. Aku nunggu Dea, adikku satu-satunya yang super duper very lelet banget. Nggak tahu deh, Bunda dulu ngidam apa sampai-sampai bisa lahir bocah kayak Dea yang bikin Aku suka jengkel karena ulahnya. Dan pagi ini Dea bukan aja berhasil membuyarkan harapan-harapanku tapi juga Ayah. Lima menit lebih Aku dan Ayah duduk manis di jok depan mobil kemuliaan keluarga kami cuma gara-gara nungguin Dea. Ugh! Nyebelin banget nggaak sih?
Daripada Aku bikin dosa pagi-pagi gini gara-gara ngomel nggak jelas gara-gara kesel nungguin Miss Lelet, Aku menyibukan diri dengan senam jempol pagi-pagi alias sms-an. Swear! Baru sekitar satu jam Aku membuka mata dari dunia mimpi, Aku udah ngirim berpuluh-puluh sms, dan cuma tertuju ke satu orang, Aghi. Dia sohib kentalku, kentel banget lho. Bayangin aja, kita udah sobatan sejak TK bahkan mungkin dari orok Kita udah bareng. Dan sampai sekarang -kelas XI- persahabatan Kita masih langgeng. Sebenernya, bosen juga sih tiap hari ketemu Dia, bertatap dengan Aghi yang dari hari ke hari gitu… terus, nggak ada menariknya, bukannya tambah cakep, ancur iya. Gimana nggak bosen? Dari kelas TK sampai sekarang Aku selalu satu sekolahan sama Dia, bahkan nggak jarang Kami sekelas. Capek!
Tapi Aku akuin Aghi emang sohib terbaikku. He’s a good friend. Dan pagi ini, topik sma Kami beda dari biasanya. Nggak lagi soal PR dan tetek bengeknya. Tapi soal cewek. Yups! Aghi lagi kasmaran sama temen sekelasku waktu kelas X dulu, Syifa. Pokoknya sms Kami pagi ini seru deh.
“Ke, coba panggil Dea! Kok lama banget kenapa sih?” Kalau Ayah udah nyuruh Aku panggil si Miss Lelet, itu artinya Dea udah bener-bener kelewatan leletnya. Buktinya, Ayah yang pualing sabar seantero jagad raya ini -menurutku- udah nanyain si Dea. Ck…ck…ck….
“Dea…!Buruan donk… !” Teriakku sekencengnya manggil Miss Lelet sambil mendongakkan kepala keluar jendela. Kembali mataku tertuju pada Sam -panggilan sayang buat HPku, kependekan dari Samsung- (norak nggak seeh?) dan jempolku dengan lemah gemulai terus memencet keypad Sam. Ayah geleng kepala melihatku.
“Panggil donk ke dalam, kalau teriak gitu Ayah juga bisa.” Ayah menanggapi tindakanku barusan.
“Kelamaan, Yah. Ribet.”
“Tambah lama lagi kalau cuma Kamu teriakkin gitu.”
Aku terhenyak dari duduk, tanganku menghampiri klakson, kubunyikan keras-keras, Ayah menggeleng lagi.
“Gini kan beres, Yah.” Kataku cengar-cengir kegirangan.
Yes! Berhasil, dengan tergopoh-gopoh akhirnya Dea keluar dari istana menuju gerbang, dan so pasti ada Bunda yang mengiringi di belakangnya.
“Nggak sabaran banget sih?! Baru juga jam segini” Sungut Dea sambil masuk ke mobil. Kayaknya sih dongkol banget.
“Jam Lo kemasukan air ya, De? Liat tuh!” Kataku sambil nunjuk jam yang ada di dashbor, 06:25.
Dea bener-bener kelewatan! harusnya jam 06:15 tadi nih mobil udah keluar dari gerbang istana kebanggaan, tapi gara-gara nih bocah satu, jadi deh molor 10 menit. Dan yang pasti Aku juga kehilangan waktu sekitar itu untuk nongkrong dulu di deket halaman parkir buat nyapa sohib-sohibku paling awal (kurang kerjaan banget ya Gue?).
Yah, begitulah kehidupan pagiku, serba tak terduga. Apalagi pagi ini, bener-bener mengejutkan. Dea telat. Dea diam seribu bahasa setelah tahu Ia telat 10 menit masuk ke mobil, nyadar kali tuh anak. Aku sih fun-fun aja meski agak sebel juga, kan ada Sam yang setia di genggamanku, dan nggak pernah protes gimana pun suasana hatiku.
“sms sama siapa sih, Ke? Ayah lihat dari bangun tidur, Kamu nggak ada behentinya smsan.” Tanya Ayah memecah keheningan sepanjang perjalanan.
“Sama pacarnya tuh, Yah.Si Aghi.” Celetuk Dea. Akhirnya buka mulut juga tuh bocah.
“Dea! Nggak usah komentar deh! Ember banget ya jadi bocah!” Yeah,kata-kata sengit ternyata bisa keluar juga dari mulutku. Habis Dea sih…ngeselin banget.
“Jangan didengerin, Yah. Ayah tahu kan siapa Aghi?” Aku membuat pembelaan.
“Jangan percaya, Yah! Diem-diem Mba Keke udah pacaran lho Yah sama Aghi.” Dea nggak nyerah buat cari masalah sama Aku.
“Udah deh, De. Lo mau bibir Lo dower sampe sekolah ntar?” Ancamku, males banget deh…pagi-pagi gini udah berantem.
Ayah hanya tersenyum melihat aksi kedua aset penting keluarganya itu. Dea terus ngomel nggak berhenti, Aku nggak meladeninya. Sam bergetar. Sms terakhir dari Aghi.

‘K,uda dlu ya?Gw mo brangkt.
Wktu Gw kyaknya uda abis.
Jgn brntem mlu ma Dea’

‘OK ! C U = )’ Balasku kemudian.
Aghi… tahu aja kalau tiap pagi Aku mesti perang dunia sama Dea dulu.
06:45 Aku sampai di sekolah. Ada perasaan senang, nggak tahu kenapa. Rasanya Aku pengen cepet-cepet ketemu Aghi deh, kenapa ya? Apa dia udah dateng?. Ku tengok ujung halaman parkir, di bawah pohon mangga tepatnya. Mio warna biru kesayangannya belum ada, berarti Dia belum datang. Pohon mangga di ujung halaman parkir di sudut sekolah itu emang tempat parkir favorit Aghi buat si Mimi, panggilan sayang buat skuter maticnya.
Udah jam segini,nggak lama lagi bel bunyi, waktunya masuk kelas. Yah… gara-gara Dea nih, nggak ada waktu buat ngeceng (halah). Aku pun meluncur menuju kelas tercinta yang ada di lantai dua. Tiba-tiba dengan tergopoh-gopoh seorang cowok bertubuh jangkung hitam manis menghampiriku.Itu Andis,teman sekelas Aghi.
“Ke… gawat Ke!” Katanya dengan napas tersengal-sengal, ingin mengabarkan sesuatu. Tapi Aku masih belum mengerti maksud perkataannya.
“Lo kenapa, Ndis? Apanya yang gawat?” Tanyaku tenang. Gimana nggak tenang? Orang Aku belum tahu apa-apa kok, ngapain mesti ribet?
“Anu…Ke, e…itu, e…si Aghi, Ke” Andis gagap.
“Aghi? Kenapa sama Dia?” Aku masih tenang, sama sekali nggak mikir apa-apa, nggak panik atau cemas meski Andis udah pasang muka serem, takut, bingung etc lah.
“Aa… Aghi...”
“Iya, kenapa sama Aghi?”
“Aghi kecelakaan! ”Deg! hatiku seperti terhantam batu berton-ton beratnya setelah mendengar apa yang dikatakan Andis barusan, Aku bnggak percaya.
“Nggak mungkin, barusan Dia masih smsan sama Gue.” Aku belum percaya.
“Semua yang Lo denger ini bener, Ke. Dia ditabrak Bus di deket halte depan sana, barusan Gue dikasih tahu sama satpam. Dan parahnya lagi, Aghi… buru-buru menghadap Yang Di Atas duluan. Aghi meninggal di tempat, Ke”
Apa?!!? Benar semua ini? Aku kacau, Aku lemas tak berdaya, Aku benar-benar nggak nyangka akan hal ini, tak peduli apa yang ada di sekelilingku, Aku pun menjerit histeris memanggil Aghi, air mata meleleh dan mengalir deras di pipiku. Tiba-tiba, Aku merasa sangat pusing, lemas dan pandanganku mulai kabur, kemudian gelap.
Begitu Maha Besar Allah jika Dia telah berkehendak, senyum ceria bisa berubah menjadi tangis kesakitan hanya dalam hitungan detik.(*)

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

happy reading

Total Pageviews

Followers

About Me

Foto Saya
dianpra
Writing for Pleasure
Lihat profil lengkapku

thanks for visiting